Beranda » Artikel Terbaru » Mengenal Lebih Dekat Dengan Tenun Kamen, Kain Tenun Tradisional Khas Jepara Yang Mempunyai Keunikan Tersendiri

Mengenal Lebih Dekat Dengan Tenun Kamen, Kain Tenun Tradisional Khas Jepara Yang Mempunyai Keunikan Tersendiri

Diposting pada 21 June 2018 oleh Marcute | Dilihat: 1.676 kali

Mengenal Lebih Dekat Dengan Tenun Kamen, Kain Tenun Tradisional Khas Jepara Yang Mempunyai Keunikan Tersendiri

Kain Tenun Kamen, Jepara Kain Tenun Kamen adalah salah satu kain tenun tradisional dari daerah Jepara. Kain ini mempunyai keunikannnya tersendiri sehingga bisa dijadikan variasi dalam fashion mode atau sekedar koleksi saja. Kemampuan padu padan kain tenun ini sangatlah fleksibel sehingga cocok dengan berbagai macam gaya maupun ragam jenis pakaian. Selain itu, produk turunannya pun cukup pula beragam. Silahkan Anda simak laporan kami berikut ini guna lebih dekat dengan Tenun Kamen.

Sejarah Kain Tenun Kamen

Kain Tenun Kamen adalah kain tenun tradisonal asli Jepara. Sangat dekat hubungannya dengan kain tenun asli Jepara lainnya, yaitu Kain Troso. Mereka berasal dari satu daerah produksi yang sama, yaitu Troso Jepara. Tak heran Kain Tenun Kamen sering juga disebut sebagai Kain Troso motif Kamen. Tapi memang sebenarnya kedua kain ini berbeda ciri dan motifnya. (Apabila Anda ingin mengetahui lebih banyak dan detail mengenai Kain Tenun Troso, Anda bisa membacanya pada artikel kami yang berjudul – Troso, Tenun Legendaris Jepara).

Sejarah Kain Tenun Kamen

Sejarah Kain Tenun Kamen

Kain Tenun Kamen sejatinya adalah kain tenun polos yang dikombinasikan dengan kedua tumpal disisinya. Tumpal Tenun Kamen sangat banyak macamnya, sebut saja motif toraja, lurik, bungu-bunga dan masih banyak lagi. Banyaknya variasi motif tumpal membuatnya bersifat fleksibel dan sangat dinamis. Bahannya adalah benang semi cotton dengan ukuran 100 x 220 cm.

Sebenarnya motif Tenun Kamen tergolong motif yang sederhana, namun dalam kesederhanaannya itulah tersimpan keunikannya. Hal ini dikarenakan Tenun Kamen hanya dibuat motif pada sisi kanan dan sisi kirinya saja pada lembaran kainnya. Selebihnya polos, alias dibiarkan tidak ada motif sama sekali. Hal ini menimbulkan keunikannya tersendiri dan menjadi daya tarik bagi penggemar kain tenun tradisional.

Kain tenun Kamen dibuat menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM). Bahannya menggunakan katun yang berkualitas bagus, bisa juga semi cotton. Kain Tenun kamen dibuat dengan ukuran kurang lebih 100 x 220 cm sehingga sangat cocok di gunakan sebagai bahan untuk membuat kemeja, blouse, blazzer dan dress. Selain itu Tenun Kamen juga sangat cocok bila dikombinasikan dengan kebaya atau batik.

Satu lembar Kain Tenun Kamen berharga cukup murah dan terjangkau. Satu helainya dibanderol Rp 70.000 saja. Namun apabila pembelian dilakukan dalam partai besar, harganya bisa didapat lebih murah lagi. Ditingkat grosir menengah pun pembelian 10 lembar saja dapat menurunkan harganya Rp 5.000 per lembar kain tenun ini. Dengan bahan tersebut, per lembarnya sudah dapat dibuat kemeja seukuran orang dewasa.

Perawatan Kain Tenun Kamen

Perawatan Kain Tenun Kamen secara umum sama dengan kain tenun lainnya. Hanya saja dalam penyimpanannya di lemari diusahakan jangan dilipat, melainkan digantung. Hal ini dimaksudkan agar serat kain tidak kusut dan lebih awet.

Cara mencuci dan merawat Kain tenun Kamen
Apabila kita akan melakukan pencucian, perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut :

  • Pencucian bisa dilakukan secara manual (dengan tangan) atau menggunakan mesin cuci
  • Jangan menggunakan detergen, karena bisa merusak kain. Gunakan sabun cair saja.
  • Tidak dilarang untuk menggunakan pelembut pakaian
  • Keringkan dengan hati-hati. Apabila dijemur, usahakan jangan terkena sinar matahari secara langsung.

Demikian informasi yang telah kami susun ini. Semoga dapat membuat Anda mengenal lebih dekat tentang Kain Tenun Kamen. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

 

 


kata terkait,
fungsi kain tenun kamen, harga tenun kamen, jual kain tenun kamen, jual kain tenun kamen murah, jual tenun kamen, Kain kamen, kain tenun kamen CSM, kain tenun khas jepara, keunikan tenun kamen, manfaat kain tenun kamen, manfaat tenun kamen, motif kain tenun kamen, sejarah tenun kamen, tenun kamen, keunggulan kain tenun kamen, tenun kamen khas jepara, tenun kamen jepara, kain khas jepara,

Bagikan informasi tentang Mengenal Lebih Dekat Dengan Tenun Kamen, Kain Tenun Tradisional Khas Jepara Yang Mempunyai Keunikan Tersendiri kepada teman atau kerabat Anda.

Mengenal Lebih Dekat Dengan Tenun Kamen, Kain Tenun Tradisional Khas Jepara Yang Mempunyai Keunikan Tersendiri | GriyaTenun.com

Belum ada komentar untuk Mengenal Lebih Dekat Dengan Tenun Kamen, Kain Tenun Tradisional Khas Jepara Yang Mempunyai Keunikan Tersendiri

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 29%
Pesan Langsung
Kain Tenun Blanket Toraja BLKT004

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 125.000 Rp 175.000
Ready Stock / BLKT004
Rp 125.000 Rp 175.000
Ready Stock / BLKT004
OFF 15%
Pesan Langsung
Kain Tenun Kamen – KM 006

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Tenun Kamen KM 006 Rp 72.000 Rp 85.000
Ready Stock / KM 006
Rp 72.000 Rp 85.000
Ready Stock / KM 006
OFF 24%
Pesan Langsung
Kain Tenun Pamiring PMR001

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 130.000 Rp 170.000
Ready Stock / PMR 001
Rp 130.000 Rp 170.000
Ready Stock / PMR 001
SIDEBAR