# Menyediakan Aneka Kain Ikat Khas Kota Jepara Mulai Dari Tenun Baron, Tenun Troso, Tenun Blanket, Tenun Lurik Dan Masih Banyak Lagi # Jaminan Bahan Dasar Tenun berkualitas Premium, Elegant Namun tetap memiliki harga yang terjangkau.
Beranda » Artikel Terbaru » Menyibak Rahasia Warna dan Makna Pada Kain Tenun Nusantara

Menyibak Rahasia Warna dan Makna Pada Kain Tenun Nusantara

Diposting pada 2 April 2018 oleh Marcute | Dilihat: 743 kali

Menyibak Rahasia Warna dan Makna Pada Kain Tenun Nusantara

Jika kita berbicara tentang keindahan kain tenun nusantara, tentu tak bisa lepas dari keindahan warna-warna dasar dan corak yang terdapat pada kain tenun. Ya, keindahan yang terpancar pada kain tenun sedikit banyak dipengaruhi oleh warna kain tenun itu sendiri. Jika jita amati, banyak kain tenun nusantara yang memiliki warna warna cerah seperti merah, biru, dan hijau. Tetapi tak sedikit pula kita menemukan warna-warna yang didominasi warna gelap seperi hitam dan coklat.

Tenyata pemilihan warna pada kain mempunyai makna tersendiri yang berisi pesan yang akan disampaikan kepada masyarakat. sejak dulu masyarakat sudah mempercayai bahwa macam – macam warna memiliki arti yang merepresentasikan berbagai aspek kehidupan.

Makna Warna pada kain tenun

Makna Warna pada kain tenun

Makna Warna Kain Tenun Nusantara

Lalu apakah makna yang terkandung dalam sebuah warna pada kain tenun ikat ? Berikut ini akan di ulas mengenai makna warna menurut para ahli. Bila merunut pada warna dasar, maka ada 8 warna dasar yang memiliki pengaruh kuat terhadap warna-warna lain sehingga menjadi acuan untuk menentukan makna serta arti rasa yang timbul dari psikologi seseorang. Simak ulasan berikut ini :

Berikut adalah ulasan tentang makna dari warna-warna berdasarkan tinjauan psikologi :

1. Warna Merah
Warna merah dikenal sebagai warna yang paling kuat dan dominan. Warna merah merupakan warna yang menujukkan gairah dan energi. Warna merah paling cocok untuk menggambarkan seseuatu yang digunakan untuk menarik perhatian, bersifat agresif dan berani. Secara psikologi, warna merah melambangkan ketegasan, kekuatan, energi, gairah, pengambil tindakan, serta mengacu pada kegembiraan yang alami. Penggunaan warna merah dapat menimbulkan persepsi tegas, ulet, gembira dan konsisten.

2. Warna Kuning
Warna kunung memberi kesan kehangatan, rasa berbahagia, kesenangan, dan kelincahan. Warna kuning identik dengan dua phenomena penting dalam kehidupan manusia yaitu matahari yang memberi kehidupan manusia, dan emas sebagai kekayaan yang terkandung dibumi.

Secara psikologis, warna kuning memberikan makna yang terasosiasi pada hasrat yang bersemangat, ceria, dan optimis. Untuk rasa dan emosi, warna kuning bisa menimbulkan kebahagiaan, keterbukaan, supel, serta menarik perhatian. Warna kuning selalu memberikan penalaran yang logis dan analitis. Warna kuning termasuk salah satu warna dominan yang banyak digunakan.

3. Warna Biru
Warna biru diyakini dapat berfungsi sebagai obat alami untuk menekan gangguan tidur seperti insomnia karena warna biru mampu memberikan efek yang menenangkan dan santai. Warna biru dapat memberi efek positif terhadap kecemasan karena warna biru maemberikan kesan kedamaian dan kesejukan. Makna warna biru terasosiasi dengan kebebasan, kebesaran, terpercaya, dan kokoh.

Secara psikologis warna biru memiliki emosi yang stabil dan dalam, bila dikaitkan dengan tipikal manusia maka orang tersebut memiliki sifat tenang, percaya diri, cerdas, introvert-melankolis.

4. Warna Hijau
Warna hijau adalah warna yang identik dengan alam. Warna hijau dinilai mampu memberikan suasana sejuk, pasif, tenang dan damai. Dalam ilmu psikologi, warna hijau dapat membantu orang-orang yang berada dalam situasi tertekan untuk menjadi lebih mampu menyeimbangkan wmosi dan memudahkan komunikasi yang terbuka.

Dalam penggunaannya pada produk seni, warna hijau melambangkan kesegaran, kepercayaan serta keabadian.

5. Warna Oranye
Warna oranye merupakan kombinasi antara warna merah dan kuning. Warna oranye memberi kesan hangat dan bersemangat serta merupakan simbol dari petualangan, optimisme, percaya diri dan kemampuan dalam bersosialisasi.

Warna oranye merupakan pencampuran dari warna kuning dan merah yang sama-sama merupakan warna dominan yang memberikan efek kuat dan hangat. Warna hangat dapat menarik perhatian orang tanpa ada nuansa intimidasi atau menakut-nakuti seperti warna merah.

6. Warna Hitam
Warna hitam adalah warna yang memiliki sifat positif yaitu menandakan sifat yang tegas, kukuh, formal dan struktur yang kuat. Warna hitam melambangkan kegelapan, misteri, kehancuran, namun juga menimbulkan kesan elegan. Oleh karena itu eleman apapun yang dikombinasikan dengan warna hitam akan terlihat menarik.

Dalam dunia fashion, warna hitam sering digunakan dalam warna busana karena selain menimbulkan kesan elegan warna hitam juga menunjukkan kesan kurus dan langgeng.

7. Warna Putih
Warna putih melambangkan kepercayaan, kesucian, polos, jujur, dan murni. Warna putih memiliki kesan yang sangat positif. Tetapi dalam dunia wastra terutama kain tenun, warna putih sangat jarang digunakan.

8. Warna Coklat
Warna coklat sering dianggap sebagai warna tanah yang merupakan unsur bumi yang paling dominan setelah air. Warna coklat mengesankan kehangatan dan kenyamanan. Secara psikologi, warna coklat juga memberi kesan kuat dan andal.

9. Warna Ungu
Warna ungu secara psikologis memliki imajinasi dan ruang yang tak terhingga. Pada zaman kerajaan warna ungu menjadi warna favorit karena menunjukkan kesan keagungan yang tak terbatas. Warna ungu melambangkan karakter yang mulia, agung, bangga, mengesankan, semangat, kekuatan dan gairah.

10. Warna Merah Muda
Warna merah muda merupakan perpaduan antara warna merah dan putih. Warna merah muda secara psikologis merupakan penggabungan kekuatan dan kelembutan yang dibalut kemampuan untuk bertahan. Warna merah muda sarat akan daya tarik. Aura warna merah muda akan membawa kesan kelembutan dan romansa.

Demikianlah sedikit informasi makna warna yang terkadung dalam kain tenun ikat. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Bagikan informasi tentang Menyibak Rahasia Warna dan Makna Pada Kain Tenun Nusantara kepada teman atau kerabat Anda.

Menyibak Rahasia Warna dan Makna Pada Kain Tenun Nusantara | GriyaTenun.com

Belum ada komentar untuk Menyibak Rahasia Warna dan Makna Pada Kain Tenun Nusantara

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 18%
Pesan Langsung
Kain Tenun Endek Bali – ED 009

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Tenun Endek Bali ED 009 Rp 185.000 Rp 225.000
Ready Stock / ED 009
Rp 185.000 Rp 225.000
Ready Stock / ED 009
OFF 22%
Pesan Langsung
Kain Tenun Baron 1 Dimensi BR-010

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Kain Tenun Baron 1 Dimensi BR 010 Rp 145.000 Rp 185.000
Ready Stock / BR 010
Rp 145.000 Rp 185.000
Ready Stock / BR 010
OFF 20%
Pesan Langsung
Kain Lurik LR 004

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Kain Lurik LR 004 Rp 140.000 Rp 175.000
Ready Stock / LR 004
Rp 140.000 Rp 175.000
Ready Stock / LR 004
SIDEBAR