# Menyediakan Aneka Kain Ikat Khas Kota Jepara Mulai Dari Tenun Baron, Tenun Troso, Tenun Blanket, Tenun Lurik Dan Masih Banyak Lagi # Jaminan Bahan Dasar Tenun berkualitas Premium, Elegant Namun tetap memiliki harga yang terjangkau.
Beranda » Artikel Terbaru » Mengenal Tenun Baron, Kain Tenun Tradisional Khas Kota jepara Dengan Citarasa Elegan Dan Sangat Mewah

Mengenal Tenun Baron, Kain Tenun Tradisional Khas Kota jepara Dengan Citarasa Elegan Dan Sangat Mewah

Diposting pada 25 June 2018 oleh Marcute | Dilihat: 478 kali

Mengenal Tenun Baron, Kain Tenun Tradisional Khas Kota jepara Dengan Citarasa Elegan Dan Sangat Mewah

Kain Tenun Baron, Jepara – Apakah Anda bukan penggemar tenun biasa? Atau Anda pengagum kesempurnaan dan rasa mewah pada produk kain tenun? Apakah Anda menempatkan pakaian sebagai salah satu bentuk prestise dalam mengungkapkan keindahan? Jika jawabannya ya, maka sudah seharusnya Anda mengetahui tentang Kain Tenun Baron dan melanjutkan membaca artikel ini. Simak laporan kami dan bersiaplah mengagumi Tenun Baron.

Kharakteristik Tenun Baron

Kain Tenun Baron adalah kain tenun yang sangat istimewa. Saking istimewanya, kami sampai tertegun beberapa saat ketika pertama kali melihatnya. Kami akan coba gambarkan perasaan kami itu, meskipun mungkin hanya mewakili setengah kenyataan yang ada.

Tenun Baron adalah kain tenun kelas premium. Tenun ini dibuat dengan bahan-bahan kelas satu. Motif-motif terbaik. Citarasa yang elegan dan sangat mewah. Kainnya sangat lembut, halus dan padat. Motif-motif nya simple, elegan dan menimbulkan kesan mewah. Saat Anda memakainya di keramaian, serasa mengendarai mobil pabrikan Jerman diantara kerumunan mobil-mobil Jepang. Seperti itulah kelas dan prestise Kain Tenun Baron ini.

Sejarah Tenun Baron

Sejarah Tenun Baron

Kain tenun Baron mempunyai banyak sekali ragam corak atau motifnya. Namun yang menjadi salah satu ciri khasnya adalah adanya garis vertikal dengan ukuran lebar tertentu pada sisi tertentu dalam kain yang disebut tumpal. Pemilihan warnanya juga tidak neko-neko (simple). Warnanya jauh dari kesan mencolok meskipun sebenarnya terang. Kombinasi motif dan warna inilah yang membuat Tenun Baron berkelas dan terkesan mewah. Jadi meski tergolong kain tenun jenis baru (di daerah Jepara muncul pada sekitar tahun 2013), Kain Tenun Baron langsung menarik perhatian khalayak dan mempunyai penggemar fanatik tersendiri.

Awalnya Kain Tenun Baron ini hanya digunakan oleh para kaum pria. Tenun ini biasanya dibuat untuk kemeja pria lengan panjang ataupun pendek. Tentu saja karena dengan mengenakan pakaian dari bahan tenun ini, kaum pria akan terlihat lebih berwibaya dan mempesona. Namun kini tidak hanya kaum pria, kaum wanita pun dapat menggunakan kain jenis ini sebagai gaunnya. Karena Tenun Baron saat ini bisa ditemukan dalam bentuk gamis, kebaya, ataupun kemeja wanita.

Uniknya, ukuran tenun baron juga berbeda dengan kain tenun lainnya. Lazimnya untuk selembar kain tenun ikat yang sudah potongan, berukuran antara 220-230 x 100 cm. Tenun Baron berukuran lebih panjang yaitu 250×105 cm, sehingga memadai apabila dijadikan sebagai bahan kemeja lengan panjang pria.

Proses Pembuatan Tenun Baron

Kain Tenun Baron dibuat menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM). Meski begitu ATBM yang digunakan sudah dikombinasi dengan semacam alat jangkar yang terbuat dari besi. Efeknya adalah muncul dhobi yang membentuk motif-motif cantik. Sistem kartu juga digunakan pada pembuatan tenun ini. Sistem kartu berfungsi sebagai penentu motif pada Tenun Baron. Sistem kartu ini juga menimbulkan efek motif dhobi pada Kain Tenun Baron yang dihasilkan.

Kain tenun baron jepara

Kain tenun baron jepara

Meski kebanyakan motif Tenun Baron itu simple, namun tidaklah mudah dalam pembuatannya. Dibutuhkan ketelitian dan ketekunan tingkat tinggi untuk menghasilkan satu lembar Kain Tenun Baron yang elegan dan berkualitas. Pengerjaannya bisa jadi semakin sulit apabila bahan yang digunakan semakin halus dan berkualitas, karena membutuhkan lebih banyak ketelitian dan ketelitian agar tidak rusak. Untuk diketahui, bahan baku untuk kain tenun ini cukup beragam, dari mulai katun biasa, katun csm, velamen sampai bahan dari sutera.

Berdasarkan jenis bahannya tersebut, Kain Tenun Baron dibedakan menjadi:

  • Tenun Baron Sutera Murni (Full Sutera)
    Tenun Baron yang dibuat dengan menggunakan lungsi dan pakan berbahan murni sutera. Hasil tenunannya disebut sebagai Tenun Baron yang berkualitas Grade A. Apabila dipadukan dengan teknik pembuatan yang memadukan warna pada pakan, maka akan menghasilkan motif yang mempesona dan elegan. Perpaduan antara bahan dan warna yang sangat indah inilah yang membuat Tenun Baron Sutera Murni (Full Sutera) dibanderol tidak kurang 2 juta per lembar kainnya.
  • Tenun Baron 50% Sutera 50% Katun Super
    Tenun Baron yang dibuat dengan menggunakan lungsi sutra namun pakannya dari katun super halus. Hasil tenunnya tidak setipis Grade A atau sedikit agak tebal, namun tetap indah dan nyaman dipakai.
  • Tenun Baron Viskos (bahan rohto)
    Tenun Baron yang dibuat dengan menggunakan lungsi dari benang bordir dan pakan dari benang katun super halus. Hasil tenunnya lebih tebal dari Tenun Baron 50% sutera. Jenis inilah yang lazim dijual dan ada di pasaran, karena harganya lebih murah dan terjangkau.

Ragam Motif Tenun Baron

Motif Tenun Baron cukup bervariasi. Bahkan hampir setiap beberapa periode tercipta motif-motif baru yang mengikuti perkembangan mode. Misalnya:

  • Tenun Dimensi yang terbagi manjadi kain Tenun Baron 1D (Satu Dimensi), 2D (Dua Dimensi) dan 3D (Tiga Dimensi).  Disebut 1D karena menggunakan 1 jenis benang saja, sedangkan 2D menggunakan 2 jenis benang.
  • Motif Fauna, misal: kain tenun baron yang memakai motif-motif hewan seperti motif Cumi Kaliman.
  • Motif daerah lain, misalnya : motif Kalimantan Tebar
  • Tenun Baron Garis Ikat. Motif tenunnya berkesan mewah dan elegan sehingga menjadi pilihan utama para pejabat dan orang berpengaruh di negeri ini.
  • Motif Figuratif. Motif ini menggunakan figur orang atau tokoh. Misalnya: Motif Obama (Presiden Amerika serikat)
Kain Tenun Baron troso

Kain Tenun Baron troso

Jadi demikianlah, karena keindahan dan keunikannya inilah Kain Tenun Baron layak diandalkan sebagai produk budaya Indonesia unggulan. Tidak hanya indah dan mewah, namun juga mempunyai nilai ekonomis/nilai jual yang sangat tinggi. Adalah menjadi tugas kita bersama, untuk melindungi dan mengembangkannya lebih jauh. Jangan sampai asset budaya unggulan bangsa ini diambil kepemilikannya oleh pihak asing.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat membuat Anda lebih memahami dan mengagumi keindahan Kain Tenun Baron. Atau setidaknya bahan pertimbangan Anda dalam memilih kain tenun tradisional. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

 


kata terkait,
fungsi Tenun baron, harga kain tenun baron, jual kain Tenun baron, jual kain tenun baron murah, kain tenun baron, kain tenun khas jepara, kain tenun troso, keistimeaan kain Tenun baron, keungulan Tenun baron, manfaat Tenun baron, motif kain Tenun baron, sejarah Tenun baron, Tenun baron, sejarah kain baron, sejarah tenun baron, tenun baron khas jepara,

Bagikan informasi tentang Mengenal Tenun Baron, Kain Tenun Tradisional Khas Kota jepara Dengan Citarasa Elegan Dan Sangat Mewah kepada teman atau kerabat Anda.

Mengenal Tenun Baron, Kain Tenun Tradisional Khas Kota jepara Dengan Citarasa Elegan Dan Sangat Mewah | GriyaTenun.com

Belum ada komentar untuk Mengenal Tenun Baron, Kain Tenun Tradisional Khas Kota jepara Dengan Citarasa Elegan Dan Sangat Mewah

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 15%
Pesan Langsung
Kain Tenun Kamen – KM 009

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Tenun Kamen KM 009 Rp 72.000 Rp 85.000
Ready Stock / KM 009
Rp 72.000 Rp 85.000
Ready Stock / KM 009
OFF 20%
Pesan Langsung
Kain Tenun Lurik LR – 006

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Kain Lurik LR 006 Rp 140.000 Rp 175.000
Ready Stock / LR 006
Rp 140.000 Rp 175.000
Ready Stock / LR 006
OFF 26%
Pesan Langsung
Kain Tenun Rangrang – RR 005

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Tenun rangrang RR 005 Rp 100.000 Rp 135.000
Ready Stock / RR 005
Rp 100.000 Rp 135.000
Ready Stock / RR 005
SIDEBAR