# Menyediakan Aneka Kain Ikat Khas Kota Jepara Mulai Dari Tenun Baron, Tenun Troso, Tenun Blanket, Tenun Lurik Dan Masih Banyak Lagi # Jaminan Bahan Dasar Tenun berkualitas Premium, Elegant Namun tetap memiliki harga yang terjangkau.
Beranda » Artikel Terbaru » Mengenal Sejarah Kain Tapis, Keindahan Warisan Kriya Tekstil Tradisional Daerah Lampung

Mengenal Sejarah Kain Tapis, Keindahan Warisan Kriya Tekstil Tradisional Daerah Lampung

Diposting pada 24 May 2018 oleh Marcute | Dilihat: 360 kali

Mengenal Sejarah Kain Tapis, Keindahan Warisan Kriya Tekstil Tradisional Daerah Lampung

Jika bicara kain tenun dari pulau Sumatera tentu kita akan langsung teringat dengan kain Tapis khas dari Lampung. Siapa yang tidak kenal kain tenun tapis yang sudah sangat terkenal dalam dunia wastra nusantara dengan keindahan warna dan motifnya. Kain Tapis adalah hasil tenun benang kapas dengan motif, benang perak atau benang emas dan menjadi pakaian khas suku Lampung.

Jenis tenun ini biasanya digunakan pada bagian pinggang ke bawah berbentuk sarung yang terbuat dari benang kapas dengan motif seperti motif alam, flora dan fauna yang disulam dengan benang emas dan benang perak. Kain tenun Tapis merupakan salah satu jenis kain songket yang berasal dari Lampung. Masyarakat Lampung menyebutnya sebagai kain Tapis.

Sejarah Kain Tapis Lampung

Sejarah Kain Tapis Lampung

Sejarah Kain Tapis Lampung

Kain tapis Lampung banyak terpengaruh dari kain songket dari Palembang. Hal ini dikarenakan letak geografis dua daerah ini yang berdekatan, hal ini terlihat dari motif dan bahan dasar yang digunakan hampir sama.

Motif yang terdapat pada kain tapis sangat dipengaruhi oleh sangat dipengaruhi oleh akulturasi dengan Hindu dan Budha yaitu penggunaan motif flora dan fauna, dan juga dipengaruhi oleh Kebudayaan Islam. Hal ini terlihat dair motif-motif ayat suci alquran yang terdapat paa kain tenun.

Keistimewaan Kain Tapis Lampung

Tapis Lampung menggunakan warna-warna berani yaitu warna-warna primer yang tua. Motif yang digunakan pada kain tapis Lampung sangat unik seperti gajay, buaya, dan lambang Siger. Siger adalah lambang makhota provinsi Lampung.

Tapis Lampung menunjukkan kewibawaan, kemewahan dan kekuasaan. Kain ini biasanya dipakai oleh raja-raja dan digunakan dalam upacara adat.

Motif Kain Tapis Lampung

  • Motif lereng-lereng
    Motif lereng-lereng adalah motif yang paling populer di masyarakat Lampung. Warna pada bagian belakang dari motif ini berwarna merah, dikainnya terdapat motif segitiga yang menyerupai bentuk lereng-lereng berwarna emas agar terlihat lebih serasi dan indah.
  • Motif gunung
    Motif ini terlihat sangat indah apabila dikerjakan dengan teliti. Motif ini berbentuk segitiga yang sedikit lebih besar dan terlihat seperti sebuah gunung. Itulah mengapa motif ini disebut motif gunung.
  • Motif bukit
    Motif ini dinamakan motif bukit karena bentuk motif nya terlihat seperti bukit. Motif ini juga terlihat seperti mahkota Siger.
  • Motif ayat-ayat alquran
    Kain tapis juga mempunyai banyak motif yang berisi ayat-ayat alquran. Tetapi motif ini tidak digunakan untuk pakaian tetapi lebih digunakan sebagai hiasan rumah atau pajangan untuk memperindah ruangan.

Jenis – Jenis Kain Tapis Lampung

1. Tapis Raja Medal
Bahan dari tapis Raja Medal ini adalah benang kapas, berlajur horizontal dengan warna kuning, hitam dan hijau yang dominan. Kain tapis ini biasanya dipakai oleh pengantin perempuan saat sedang melakukan upcara perkawinan. Kain tapis ini juga sering dipakai oleh isteri kerabat tertua pada upacara adat perkawinan, pengambilan gelar sultan atau pangeran. Motif yang digunakan pada kain tapis Raja Medal ini adalah motif ayam dan pucuk rebung.

2. Tapis Tuho
Kain tapis Tuho biasanya berwarna cokelat dan biru. Motif yang sering digunakan pada tapis Tuho ini adalah motif binatang. Tapis Tuho digunakan oleh wanita yang sudah menikah dan dipakai untuk mengiringi pengantin wanita pada saat upacara adat.

3. Tapis Laut Silung
Tapis Laut Silung digunakan oleh isteri yang tergolong kerabat jauh saat menghadiri upacara pernikahan, biasanya juga digunakan oleh pengiring pengantin

4. Tapis Laut Linau
Tapis Laut Linau biasanya dipakai oleh gadis penari cangget dan para gadis pengiring pengantin.

5. Tapis Balak
Tapis Balak dipakai oleh adik perempuan dan kelompok istri yang anaknya sedang mengambil gelar pangeran pada saat upacara pengambilan gelar.

6. Tapis Bintang Perak
Tapis ini dipakai oleh perempuan pada saat menghadiri upacara adat lampung. Motif yang digunakan pada pada kain tapis ini adalah motif berbentuk bintang dan geometris.

Demikianlah artikel tentang fakta unik kain tenun tapis khas lampung yang wajib anda tahu. Semoga bermanfaat!

 

Bagikan informasi tentang Mengenal Sejarah Kain Tapis, Keindahan Warisan Kriya Tekstil Tradisional Daerah Lampung kepada teman atau kerabat Anda.

Mengenal Sejarah Kain Tapis, Keindahan Warisan Kriya Tekstil Tradisional Daerah Lampung | GriyaTenun.com

Belum ada komentar untuk Mengenal Sejarah Kain Tapis, Keindahan Warisan Kriya Tekstil Tradisional Daerah Lampung

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 24%
Pesan Langsung
Kain Tenun Pamiring PMR002

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 130.000 Rp 170.000
Ready Stock / PMR 002
Rp 130.000 Rp 170.000
Ready Stock / PMR 002
OFF 29%
Pesan Langsung
Kain Tenun Blanket Toraja BLKT009

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 125.000 Rp 175.000
Ready Stock / BLKT009
Rp 125.000 Rp 175.000
Ready Stock / BLKT009
OFF 15%
Pesan Langsung
Kain Tenun Kamen – KM 003

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Tenun Kamen KM 003 Rp 72.000 Rp 85.000
Ready Stock / KM 003
Rp 72.000 Rp 85.000
Ready Stock / KM 003
SIDEBAR