# Menyediakan Aneka Kain Ikat Khas Kota Jepara Mulai Dari Tenun Baron, Tenun Troso, Tenun Blanket, Tenun Lurik Dan Masih Banyak Lagi # Jaminan Bahan Dasar Tenun berkualitas Premium, Elegant Namun tetap memiliki harga yang terjangkau.
Beranda » Artikel Terbaru » Mau Kain Tenun Berbahan Rayon Anda Tetap Awet, Ini Rahasianya!

Mau Kain Tenun Berbahan Rayon Anda Tetap Awet, Ini Rahasianya!

Diposting pada 14 May 2018 oleh Marcute | Dilihat: 102 kali

Mau Kain Tenun Berbahan Rayon Anda Tetap Awet, Ini Rahasianya!

Kain tenun yang dibuat dengan bahan dasar dari benang rayon memang harganya jadi lebih terjangkau dibandingkan dengan kain tenun yang terbuat dari benang katun. Hal ini disebabkan karena kain tenun dari benang rayon biasanya memang diperuntukkan kain tenun sintetis atau kain tenun yang dibuat dengan menggunakan mesin tenun (ATM) atau tekstil printing.
Pengrajin memang menyiasati menggunakan benang rayon untuk membuat kain tenun agar harga jual kain menjadi lebih murah sehingga dapat dibeli oleh kalangan masyarakat menengah kebawah yang ingin memakai kain tenun tapi tak mampu membeli kain tenun asli.

Harga kain tenun berbahan dasar rayon dipasaran sekitar Rp. 150.000 sampai dengan Rp. 300.000,- cukup terjangkau kan? Jadi jika anda ingin tampil gaya dengan kain tenun tapi tak ingin membeli kain tenun yang asli karena harga nya yang selangit, kain tenun rayon bisa menjadi alternative anda.

Definisi Benang Rayon

Benang Rayon adalah benang yang terbuat dari serat kayu atau tumbuhan seperti pinus atau cemara. Proses pembuatan benang rayon diawali dengan menghancurkan kayu menjadi bubur kayu atau pulp. Untuk membuat bubur kayu biasanya kayu diberi cairan kimia natrium hidroksida. Kemudian bubur kayu dikeringkan dalam kontainer dengan suhu dan kelembaban tertentu selama beberapa hari. Setelah beberapa hari bubur kayu yang sudah dikeringkan kemudian diberi cairan karbon disulfida. Setelah itu cairan yang didapat dari pencampuran bubur kayu dengan natrium disulfida kemudian dimasukkan pada mesin khusus. Dari mesin ini kemudian keluarlah serat rayon. Setelah serat rayon terbentuk kemudian barulah dilakukan pemintalan serat menjadi benang. Setelah menjadi benang barulah kemudian dapat digunakan untuk bernagai kebutuhan, salah satu nya adalah bahan dasar untuk membuat kain tenun.

Kelebihan Benang Rayon

Benang rayon memiliki beberapa kelebihan apabila dibandingkan dengan benang katun ataupun benang sutera. Beberapa kelebihan benang rayon sebagai bahan dasar kain tenun adalah sebagai berikut :

  • Karena diproses secara kimia benang rayon lebih kuat dan tahan api.
  • Kain tidak kaku dan warna benang mengkilap
  • Benang rayon tidak mudah luntur.
  • Permukaan kain lembut sehingga membuat kain menjadi adem dan nyaman dipakai.
  • Harga benang rayon lebih murah sehingga kain tenun yang berbahan dasar benang rayon harganya relatif lebih murah jika dibandingkan dengan benang katun.
  • Bahan dingin, enteng dan menyerap keringat
  • Tahan ngengat sehingga lebih awet

Adapun jenis benang rayon yang banyak digunakan di Indonesia adalah rayon viscose. Rayon viscose ini didapatkan dari tumbuhan pinus. Benang rayon lebih banyak digunakan pada produksi kain tenun menggunakan alat tenun mesin (ATM). Itulah sebabnya harga kain tenun berbahan dasar rayon viscose lebih terjangkau. Hal ini memang dimaksudkan oleh pengrajin untuk memenuhi permintaan pasar untuk masyarakat kalangan menengah kebawah yang juga ingin memakai dan melestarikan kain tenun Indonesia.

Tips Ampuh Mencuci dan Merawat Kain Tenun Berbahan Rayon

Nah, berikut ini adalah tips untuk merawat kain tenun berbahan dasar rayon agar berumur pakai lebih panjang dan awet. Cara merawat terdiri dari 4 tahapan penting yaitu tahap pencucian, penjemuran, penyetrikaan dan penjemuran. Perhatikan baik baik tahapan-tahapan perawatab agar kain tenun anda dapat awet dan bertahan lama. Berikut adalah tips perawatan kain tenun berbahan dasar rayon kami sajikan untuk anda.

Tahap Pencucian

  • Kain tenun yang berbahan dasar rayon sebaiknya dicuci dengan tangan. Hindari mencuci dengan mesin karena akan merusak tekstur benang. Pada saat perendaman sangat dianjurkan untuk merendam dengan air hangat.
    Jangan merendam kain tenun berbahan rayon terlalu lama karena. Rendam kain tenun kurang lebih 20 menit.
  • Jangan mengucek pakaian terlalu keras. Hindari memutar kain atau menyikatnya karena akan merusak benang dan merubah bentuk kain. Kuceklah kain dengan lembut supaya kain tidak cepat rusak.
  • Gunakan detergen yang lembut, atau gunakan shampo atau sabun bayi. Jika ada sebaiknya mencuci kain tenun dengan detergen khusus untuk kain tenun.
  • Hindari pemakaian pemutih pada kain tenun berbahan rayon, jika terpaksa menggunakan pemutih karena kain tekena noda sebaiknya encerkan dulu pemutih dengan air sebelum di aplikasikan pada kain tenun. hindari pemakaian pemutuh terlalu sering karena dapat menyebabkan kain mudah robek.

Tahap Penjemuran

  • Kain tenun berbahan rayon sebaiknya jangan dijemur dibawah sinar matahari secara langsung.
    Jemur kain dalam keadaan terbalik. Bagian depan kain dibagian bawah.
  • Usahakan pakaian tidak digantung. Jika digantung dengan kain dalam keadaan basah menyebabkan kain akan melar karena tidak kuat menahan air.

Tahap Penyetrikaan

  • Jangan menyetrika dengan suhu panas. Kain tenun berbahan rayon sebaiknya disetrika dengan suhu sedang atau tidak terlalu panas. Jika disetrika dengan suhu panas dapat menyebabkan warna kain tenun berubah menjadi kekuningan.
  • Sangat disarankan menyetrika kain dalam keadaan terbalik. Bagian dalam kain berada diatas.
  • Apabila ingin menyetrika bagian depan kain sebaiknya diberi alas terlebih dahulu diatas kain sehingga setrikaan tidak bersentuhan langsung dengan kain.

Tahap penyimpanan

  • Kain tenun berbahan rayon tidak anjurkan digantung karena akan membuat kain menjadi melar. Sebaiknya lipat kain tenun agar terjaga bentuk dan pakaian menjadi awet.
  • Letakkan pakaian diposisi tengah, agar pakaian tetap licin.

Demikian artikel tips jitu merawat kain tenun berbahan rayon agar awet. Semoga bermanfaat!

Bagikan informasi tentang Mau Kain Tenun Berbahan Rayon Anda Tetap Awet, Ini Rahasianya! kepada teman atau kerabat Anda.

Mau Kain Tenun Berbahan Rayon Anda Tetap Awet, Ini Rahasianya! | GriyaTenun.com

Belum ada komentar untuk Mau Kain Tenun Berbahan Rayon Anda Tetap Awet, Ini Rahasianya!

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 15%
Pesan Langsung
Kain Tenun Baron Jepara – BR 004

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Tenun Baron Jepara BR 004 Rp 182.000 Rp 215.000
Ready Stock / BR 004
Rp 182.000 Rp 215.000
Ready Stock / BR 004
OFF 18%
Pesan Langsung
Kain Tenun Endek Bali – ED 006

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Tenun Endek Bali ED 006 Rp 185.000 Rp 225.000
Ready Stock / ED 006
Rp 185.000 Rp 225.000
Ready Stock / ED 006
OFF 30%
Pesan Langsung
Kain Tenun Bulu Sutra BST006

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 950.000 Rp 1.350.000
Ready Stock / BST006
Rp 950.000 Rp 1.350.000
Ready Stock / BST006
SIDEBAR